Jumat, 17 Agustus 2012

IDUL FITRI 1433 H



 .
Suara kumandang  takbir, tahmid dan tahlil   seolah merasuk kedalam hati maupun  jiwa membawa dalam suasana haru, ketentraman, keheningan mengundang setiap potensi diri untuk mensyukuri, mengenali dan mencintai sang Ilahi.

Allaahu akbar.. Allaahu Akbar.. Allaahu Akbar.....
Laa - ilaaha - illallaahu wallaahu Akbar.
Allaahu Akbar Walillaahil - hamd

Setelah hampir satu bulan umat Islam yang beriman di perintahkan oleh Allah SWT untuk menjalan puasa, bukan hanya tidak makan dan minum tetapi juga menjaga totalitas dari hati, sikap dan perbuatan terhadap sesama. Dari momen puasa inilah orang-orang  beriman mampu mencapai Fitrahnya yaitu berupa kesucian diri dan jiwa. Kesucian menurut Quraish Shihab adalah gabungan tiga unsure; benar, baik dan indah. Sehingga  seorang yang beridul fitri “kembali  kesuciannya”  akan selalu berbuat benar, baik dan indah.  Berbuat benar, baik dan indah karena ia telah dituntun dan dituntut oleh kebersihan jiwa dan rule of life berupa Al Qur’an dan hadist yang mereka peroleh setelah menjalankan “terapi iman” di bulan Ramadhan.
Betapa indahnya karunia  Allah Swt kepada kita setelah di berinya kita kesempatan untuk membersihkan diri dari segala noda melalui bulan ramadhan hingga menjadi manusia yang fitrah kemudian di perintahkan juga bagi kita untuk saling bersilahturrahmi dan saling memaafkan. Silahturahmi merupakan salah satu cara untuk memperpanjang umur dan saling memaafkan adalah salah satu jalan menuju sikap ihsan yang disenangi Allah SWT  dan tentunya kedua hal tersebut berkorelasi dengan makna fitrah.
Oleh karena itu Kiranya Kalimat pembuka di atas rasanya belum mampu dan cukup untuk mewakili perasaan diri menyambut kedatangan hari kemenangan yaitu hari raya Idul fitri. Mengumandangkan  takbir, tahmid dan tahlil   di hari yang fitri merupakan deklarasi kemenangan atas hawa nafsu dan independensi terhadap unsure-unsur lain kecuali Allah SWT.

Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim, perkenankanlah do’a kami ini Ya Allah, pertemukanlah kami sekeluarga kembali kepada bulan ramadhan berilah kami kembali kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan amalan kami kembali di bulan Ramadhan Amin Amin Ya Robbal alamin.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 H MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN
MUHAMMAD JAMIL DAN KELUARGA TERCINTA


0 komentar:

Posting Komentar